Indonesia memiliki berbagai industri kreatif di berbagai bidang. Tidak mau kalah budaya batik juga menjadi salah satu produk kreatif yang unggul di Indonesia. Kecerdasan, ketepatan, dan kreatifitas anak bangsa dalam membuat berbagai inovasi produk batik. membawa batik menjadi salah satu penyokong ekonomi indonesia. (baca artikel)

Selain itu, pertumbuhan produk kreatif batik juga seiring dengan semakin meluasnya fashion dan gaya hidup. Hal ini menyebabkan batik bertransformasi menjadi prosuk yang kreatif dan dapat diterima pasar lokal maupun mancanegara.

Dalam artikel ini, berikut beberapa produk kreatif batik yang mendunia, dan menjadi ikon budaya sekaligus penyokong perekonomian Indonesia. Sebagai generasi penerus kita harus ikut dalam kreatifitas ini.

1. Tas Batik



Tas batik adalah salah satu produk paling diminati di pasar lokal, produk kreatif ini biasa diproduksi di sentra kerajinan batik di Solo maupun Yogyakarta. Ada berbagai macam tas yang diproduksi, mulai tas ransel, tas wanita, hingga anak-anak bahkan tas gadget. semuanya bermotif batik.

2. Dompet Batik




Dompet batik juga merupakan salah satu produk kreatif yang terus berkembang menyesuaikan selera pasar. Selain itu di beberapa sentra batik di Indonesia, dompet batik dapat dipesan sesuai selera. hal inilah yang menyebabkan terus berkembangnya industri domper batik.

3. Topi Batik 



Snapback Batik

Topi juga memiliki kreasi dengan desain batik, tidak hanya topi biasa. Topi tipe snapback yang biasa digunakan para rapper juga memiliki desain motif batik salah satunya.

4. Sepatu Batik





Sepatu juga tidak lepas dari tangan kreatif para pengusaha batik, kreasi-kreasi kreatif batik membuat sepatu menjadi istimewa dan diminati.

5. Dress Batik





Dunia fashion semakin beragam, semakin banyak pula kreasi yang dibentuknya. hal ini menuntut para produsen memiliki kreasi batik untuk mewarnai dress desain mereka.

6. Jaket Batik




Tak mau ketinggalan dunia fashion pria juga memiliki inovasi dalam desain pakaiannya, salah satunya jaket yang bermotif batik.

7. Kemeja Bola Batik





Penggabungan desain modern dan tradisonal batik, ternyata mampu diterima pasar oleh para penggemar bola, produk tersebut ialah kemeja bola batik.

8. Selendang Batik




Untuk melegkapi fasihon batik yang semakin beragam, dibuatlah juga pelengkapnya, seperti selendang batik. 

9. Sprei dan Sarung Bantal





Selain itu, motif batik yang unik dan lembut di mata membuat motif batik sebagai salah satu pilihan dalam menghias rumah salah satunya. sprei dan sarung bantal.

10. Berbagai Aksesoris

Batik juga merambah pada aksesoris-aksesoris unik yang digunakan sehari-hari. seperti, sisir, penjepit rambut, dll.





Dan masih banyak lagi produk kreatif dari batik yang mewarnai pasar lokal hingga mancanegara. Tugas kita tentunya selain mencintai produk Indonesia, juga harus melestarikan dan turut andil melestarikan kebudayaan batik ini, sekaligus membangun ekonomi kreatif didalamnya.